Minggu, 20 Maret 2016

Struktur Organisasi Ramping dan Ideal

Dalam sebuah perusahaan pastilah terdapat sebuah struktur organisasi di dalamnya. Pastinya dalam pembentukan atau penyusunan dari struktur tersebut sangat diharapkan bahwa struktur yang disusun simpel dan ideal sesuai dengan fungsinya masing-masing. Selain itu, dari struktur tersebut dapat terlihat hubungan atau keterkaitan antar satu sama lain dari setiap bagian yang menduduki posisi pada bagian-bagian struktur organisasi.

Pembagian fungsi dan tanggung jawab dari setiap bagian organisasi haruslah jelas. Dalam pembagian fungsi pun haruslah sesuai keterkaitannya dengan struktur organisasi yang dibentuk. Pada penentuan keterkaitannya fungsi dengan struktur organisasi ialah terpacu pada visi dan misi dari pembentukan organisasi tersebut. Hal yang paling utama dalam penentuan sebuah struktur organisasi ialah kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang ditempatkan pada posisi yang ditentukan haruslah kompeten pada bidangnya sehingga dapat menjalankna fungsi dan tanggung jawabnya teradap posisi yang telah diberikan agar berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Apakah struktur organisasi itu? Struktur organisasi adalah sebuah susunan mekanisme kerja yang bersifat formal dalam pengurusan sebuah organisasi. Dalam struktur organisasi terdapat kerangka dan susunan yang dapat menjelaskan fungsi  masing-masing bagian, menunjukan kedudukan seseorang dalam sebuah organisasi serta tanggung jawab dan wewenang yang berbeda-beda pada tiap bagian.
Pada sebuah struktur organisasi terdapat beberapa unsur, yaitu:
1. Spesialisasi kegiatan
2. Standardisasi kegiatan
3. Koordinasi kegiatan, sentralisasi dan desentralisasi
4. Ukuran satuan kerja.
 Dari unsur-unsur tersebut, maka dapat dikatakan bahwa sebuah organisasi dibentuk agar tujuan bersama dapat dicapai sehingga dibutuhkan dari setiap individu untuk bersinergi bersama dalam menjalakannya fungsi dan tanggung jawabnya demi tercapainya tujuan.

Dalam struktur organisasi menjelaskan tentang beberapa aspek, diantaranya:
1.Aspek pembagian kerja
2.Manajer dan bawahan
3. Garis koordinasi
4. Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan dan tingkat manajemen.

Menurut Henry G. Hodges, ada empat bentuk bagan organisasi yaitu bentuk pyramid, vertical, horizontal, lingkaran.

Struktur pyramid

2. Struktur Vertical
3. Struktur Horizontal


4. Struktur Lingkaran




Pembentukan sebuah struktur organisasi haruslah ideal. Hal ini bertujuan agar dalam penentuan fungsi serta kinerja dalam pelaksanaanya berjalan dengan baik. Berikut ialah beberapa cara dalam penentuan struktur organisasi yang ideal.

1. Identifikasi bisnis proses. Pada hal ini dilakukan pemetaan atas proses secara tepat agar dapat menjelaskan satuan fungsi bisnis proses.

2. Penetapan struktur organisasi sesuai dengan strategi perusahaan. Pada hal ini berpusat pada tujuan dari organisasi yang dibentuk. Terfokus pada apa yang ingin dicapai.

3. Pembuatan struktur organisasi yang seharusnya. Dalam pembentukan struktur organisasi tidak melihat pada kondisi saat ini atau pada saat pembentukan, sehingga pada setiap bagian dipegang oleh orang-orang yang kompeten pada bagiannya.

4. Penetapan fungsi perencana dan fungsi eksekutor. Fungsi perencana dan eksekutor harus dipastikan terpisah sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik dimana perencana bertugas dalam proses awal sedangkan eksekutor bertugas dalam penentuan akhir yang berpacu dapa standar prosedur.

Sumber: http://www.jtanzilco.com/blog/detail/22/slug/struktur-organisasi-yang-efektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar